Tuesday, April 16, 2013

Diantara Gunung Merapi, Lawu, Merbabu, Sindoro, Gunung Manakah Yang Paling Dingin ?


Kalau ditanyakan diantara para pendaki  yang sudah mendaki  gunung - gunung tersebut bisa jadi jawaban masing - masing pendaki berbeda atau mungkin sama dengan saya. Ini adalah “menurut saya “  dari apa yang saya rasakan dan alami setelah mendaki keempat gunung tersebut. Bisa jadi jawaban saya berbeda dengan anda.Waktu perbandingannya adalah saat  malam dan pagi hari.


Gunung Merapi


Gunung Merbabu

Kalau menurut saya di antara gunung – gunung  tersebut yang paling dingin adalah Gunung Lawu. Waktu itu saya sudah masuk ke dalam Pondoknya  Mbok Yem dipuncaknya sana tapi dinginnya masih luar biasa bayangkan kalau di dalam tenda. Menyalakan kompor gas yang kami bawa secara normal tidak bisa,baru dilempar dengan batang korek api baru dia menyala. Menyalakan rokok dengan korek api biasa jangan harap bisa, dengan korek api gas-pun harus dengan usaha yang extra dan itupun kalau tidak cepat-cepat disedot rokok mati dan basah. Kalau tidak salah Mbok Yem menyalakan kompor-nya bukan dengan minyak tanah tapi dengan bensin karena kalau minyak tanah susah nyalanya karena dingin. Saat pagi hari saya keluar pondok mau sikat gigi, air terasa seperti es dinginnya tangan seperti membeku.

Gunung Lawu

Gunung Sindoro 

Bagaimana dengan Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro ? jelas tetap dingin namanya juga gunung  pasti dingin tapi menurut saya dinginnya masih kalah dengan Gunung Lawu.

Mudah – mudahan bisa dijadikan referensi.